Wednesday, December 22, 2010

Strategy of Information Integration (SII)

Sebenarnya Apa si SII..?? Apa saja yang terdapat di SII..? dan Tujuannya Apa ada nya SII..??, pertanyaan ini seringkali timbul ketika saya diberi tugas softskill untuk menulis artikel tentang SII. Akhirnya kini terjawab sudah pertanyaan-pertanyaan tersebut dari info yang saya baca Strategy of Information Integration atau bisa di singkat dengan (SII), merupakan suatu metode yang biasa digunakan untuk perusahaan untuk strategi pengintegrasian sistem baik saat melakukan merger ataupun rekonstruksi perusahaan. Dari perngertiannya saja saya sudah pusing… maksdnya apa ya ?? (High language.. hehe..). tapi gak apa-apa saya akan coba menjelaskanya, dari referensi yang saya baca SII juga merupakan solusi agar saat mengintegrasikan antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil seimbang atau sesuai porsinya dengan kata lain jika perusahaan besar punya anak perusahaan dapat di kelola secara seimbang sesuai dengan porsi atau muatan yang ada pada masing-masing perusahaan. Biasanya metode ini biasa digunakan perusahaan jika tidak ada jalan lain.

SII mempunyai 6 tahap dalam pengintegrasiannya, di antaranya :


1. Eksploitasi Kapabilitas Lokal
Yaitu melakukan pengembangan kapabilitas dari sistem informasi masing-masing organisasi.


2. Lakukan Integrasi Tak Tampak
Yaitu saling tukar-menukar sistem informasi yang telah di fikirkan. Kemudian organisasi-organisasi yang terlibat berkumpul untuk memikirkan kepentingan-kepentingan menuju keberhasilan.


3. Kehendak Berbagi Pakai
Yaitu mengevaluasi seberapa efisien dan optimum kah solusi yang telah didapat dari tahap sebelumnya dalam keterkaitannya dengan sumber daya organisasi.


4. Redesain Arsitektur Proses
Yaitu CIO akan mengkaji terlebih dahulu, kemudian merancang arsitektur proses baru yang akan dipresentasikan kepada petinggi-petiggi organisasi. Hasil dari tahap ini adalah kesepakatan untuk melakukan kolaborasi dengan memperhatikan nilai dari pemegang kepentingan utama dari seluruh organisasi yang berkolaborasi.


5. Optimalkan Infrastruktur
Yaitu sebuah sistem informasi terpadu yang dapat bekerja secara efektif melayani berbagai kepentingan dari berbagai sudut.


6. Transformasi Organisasi
Yaitu mentransformasikan masing-masing organisasi yang diakibatkan dari dinamika kebutuhan lingkungan eksternal organisasi yang adaptif terhadap berbagai perubahan.

Referensi :

http://deadlinechacha.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment